Waspada Dengan Modus Penipuan di Internet

Salam, update kali ini admin akan memberikan beberapa tips dari pengalaman admin maupun dari beberapa sumber. Postingan ini memberikan tips bagi agan untuk tidak tertipu dengan modus penipuan di internet. Apa jadinya jika ketika agan tengah asyik berselancar Internet tiba-tiba muncul iklan, atau penawaran potongan harga? Bisa saja bagi agan yang belum mengerti pasti akan membukanya karena penasaran. Berhati-hatilah, mungkin saja itu umpan serangan terhadap perangkat, seperti virus dan malware, atau bahkan sampai pencurian data.

Saat ini sudah banyak sekali modus yang digunakan para hacker untuk menjebak pengguna Internet. Jebakan kerap muncul di situs atau aplikasi di perangkat mobile. Ini sejalan dengan meningkatnya penetrasi Internet di seluruh dunia yang didukung oleh naiknya pengguna smartphone. Dari sekian banyak situs di Internet, media sosial dianggap lahan basah bagi pelaku kejahatan dunia maya. Lembaga riset Webcertain Group yang admin kutip dari tempo.co melaporkan, jumlah pengguna media sosial di Asia-Pasifik diprediksi mencapai 1 miliar hingga akhir 2014. Hal ini bisa menjadi sebuah lahan baru untuk para hacker dengan cepat meningkatnya para pengguna Internet saat ini.

Salah satu cara yang paling umum digunakan pelaku kejahatan adalah memancing para pengguna Internet untuk mengunduh aplikasi yang di-posting di media sosial. Ada pula penipuan yang meminta calon korban untuk mengklik situs. Tapi untuk situs kami ini aman dari penipuan dan sejenisnya ko, jadi agan aman berselancar ditempat kami ini

Berikut ini hasil penelitian dari Trend Micro tentang modus penipuan :
  1. "Facebook Color Change" yang mengarahkan pengguna ke situs palsu. Nantinya, profil pengguna akan dibajak dan masuknya infeksi pada perangkat.
  2. "Who Viewed Your Facebook Profile". Bagi sebagian orang, mengetahui siapa yang melihat profil mereka adalah hal yang menarik. Mereka tidak mengetahui bahwa di balik itu, ada ancaman scammer.
  3. Video yang mencantumkan judul menarik di media sosial, misalkan “Not Safe for Work” atau “Outrageous”. Saat judul tersebut diklik, dalam waktu singkat akan masuk virus ke perangkat.
  4. Video telanjang yang muncul dalam bentuk tautan atau iklan. Saat diklik, akan muncul perintah untuk meng-instal updater untuk memperbaiki Flash Player agar dapat menonton video. Modus semacam ini bukan hanya mengancam secara teknis, tetapi juga privasi karena umumnya foto pengguna akan dicuri.
  5. Aplikasi yang berfungsi seperti InstLike untuk menambah pengikut bagi pengguna Instagram. Aplikasi ini akan mengambil password dan informasi pribadi.
  6. Aplikasi Instant Followers yang ada pada twitter ini untuk menambah jumlah pengguna dalam waktu singkat. Modus lain yang muncul di Twitter adalah tautan yang umumnya berjudul “Saya baru saja melihat foto Anda” yang ternyata berisi spam.
  7. Platform blog Tumblr adalah modus yang umumnya muncul dengan ajakan untuk membuat akun kencan. Selanjutnya adalah survei palsu yang seolah menawarkan hadiah bagi pengguna Internet.

Perkembangan teknologi saat ini ternyata tidak bisa digunakan dengan baik bagi beberapa oknum yang memiliki kemampuan lebih dari yang lainnya. Bagi para pengguna internet tentunya harus berhati-hati dengan adanya beberapa iklan yang mencurigakan. Demikian sedikit ulasan dari admin semoga postingan ini bisa menjadi acuan untuk agan lebih berhati-hati lagi dalam menggunakan Internet. Terima kasih telah berkunjung.
0 Komentar untuk "Waspada Dengan Modus Penipuan di Internet"

Back To Top