10 Tips dan Trik Untuk Mempercepat Koneksi Internet Pada Router



Selamat siang para pembaca yang budiman, pada postingan kai ini admin akan memberikan sedikit tips dan trik untuk mempercepat koneksi internet pada router. Koneksi nirkable WiFi yang buruk ini mungkin bisa membuat anda merasa kesal karena lambatnya bukan main. Terutama ketika internet telah jadi bagian dari hidup sehari-hari anda, mulai dari hiburan sampai soal pekerjaan, akan sangat pusing sekali bukan.

Dalam postingan ini kami memberikan beberapa pilihan cara yang bisa anda praktekkan langsung pada router anda, berikut beberapa caranya :

1. Cek posisi router

Mengecek posisi router ini memang sangat sepele, namun efeknya cukup besar. Router ini berfungsi mengirimkan sinyal ke semua arah, oleh Karena itu sebaiknya letakkan router di bagian tengah ruangan. Bila router diletakkan di samping jendela, maka ada sinyal yang dikirimkan ke luar. Tentu ini akan membuat sinyal WiFi anda sia-sia dan tidak menjangkau seluruh bagian ruangan.

2. Jangan diletakkan di lantai

Letakkan posisi router di tempat yang tinggi, misalnya meja atau lemari. Posisi yang lebih tinggi akan sangat menguntungkan karena memang router dirancang untuk mengirimkan sinyal ke bawah. Selain itu, lantai mengandung bahan semen, beton dan logam yang sulit ditembus oleh sinyal WiFi.

3. Letakkan router di tempat khusus

Maksud dari pernyataan tempat khusus adalah tempat dimana ruangan yang sering Anda tempati saat menggunakan internet. Sinyal WiFi akan terpancar lebih kuat di dalam ruangan tempat Anda menyimpan router tersebut. 

4. Pilih tempat terbuka

Ada banyak sekali bahan yang bisa menyerap sinyal router dan mengurangi kinerjanya yang tidak kita pahami. Untuk menjaga agar kinerja sinyal tetap optimal, sebaiknya Anda tidak meletakkan router di antara mebel berukuran besar dan dinding, atau di dalam lemari. Pilihlah posisi yang bebas himpitan serta membuat router tersebut dapat terlihat dari manapun.

5. Jauhkan dari elektronik lain

Jauhkan router dari perangkat elektronik lain, seperti microwave, telepon nirkabel, serta TV. Perangkat apapun yang menghasilkan sinyal elektromagnetik bisa mengganggu dan melemahkan kinerja sinyal WiFi anda.

6. Atur antena agar berdiri

Atur agar antena router berada di posisi vertikal. Posisi ini akan membuat sinyal terpancar secara horizontal sehingga sinyal WiFi lebih mudah menjangkau seluruh bagian ruangan yang ada.

7. Periksa kekuatan snyal

Ada beberapa software yang dapat digunakan untuk keperluan ini. Saat mengecek sinyal, Anda bisa memetakan bagian mana yang menerima sinyal kuat dan mana yang menerima sinyal lebih lemah.

8. Atur piranti lunak router

Anda juga bisa mempercepat koneksi WiFi dengan memasukkan pengaturan tertentu pada piranti lunak router. Akses menuju piranti lunak ini bisa dibuka melalui IP khusus. Anda bisa mengeceknya pada bagian bawah router atau pada panduan yang disertakan dalam boksnya. Setelah masuk ke dalam menu pengaturan, ubahlah channel frekuensi router tersebut. Biasanya ada 14 channel yang bisa dipilih. Channel terbaik biasanya adalah 1, 6, dan 11. Channel tersebut cenderung minim gangguan karena jarang bersinggungan dengan channel yang digunakan orang lain. Selain pengaturan channel, cek juga pemutakhiran firmware. Biasanya pembuat router akan mengeluarkan pemutakhiran firmware untuk memperbaiki kinerja perangkatnya.

9. Lakukan speed test

Lakukan speed test untuk mengetahui letak masalah koneksi Anda. Pertama cobalah melakukannya dengan koneksi WiFi, kemudian lakukan hal serupa menggunakan koneksi kabel. Jika keduanya sama-sama buruk, berarti masalah router ada pada penyedia layanan internet.

10. Beli router baru 

Ini adalah cara terbaik. Bila semua cara diatas sudah dicoba dan Anda sudah memastikan masalah tidak berasal dari penyedia layanan internet, belilah router baru.

Demikian sedikit tips dan trik dari belajartekhnik.com, beberapa trik diatas admin ambil dari pegalaman pribadi dan masukan dari sahabat admin yang bergelut didunia tekhnik. Semoga bermanfaat, terima kasih telah berkunjung.
0 Komentar untuk "10 Tips dan Trik Untuk Mempercepat Koneksi Internet Pada Router"

Back To Top