LiFi, Jaringan Berbasis Cahaya Dengan Kecepatan 100 Gbps



Salam, selamat pagi semua para pembaca. Update hari ini adalah mengenai penemuan baru jaringan yang mungkin bisa menggantikan Wifi nantinya. Jaringan baru ini bernama LiFi, jaringan yang menggunakan cahaya dengan cara direct line of sight atau "pandangan" langsung ke perangkat tujuan yang dilengkapi receiver khusus, seperti koneksi infra red. 

Kabel fiber optic berkecepatan tinggi yang menjadi tulang punggung infrastruktur telekomunikasi modern tidak menghantarkan data langsung ke komputer milik konsumen.  Urusan last mile itu biasanya diserahkan ke perantara lain, seperti kabel tembaga atau sinyal nirkabel.

Ini merupakan sebuah percobaan yang dilakukan oleh Oxford University dan University College, di mana mereka mencoba "cahaya" sebagai medium pengantar data di kabel serat optik diambil, diperkuat, lantas dipancarkan ke komputer secara nirkabel sehingga dapat serupa dengan jaringan Wi-Fi.

Dari hasil percobaan yang telah dilakukan itu, LiFi telah berhasil mencatat transfer data dengan kecepatan mencapai 100 Gbps, berkali-kali lipat lebih kencang dibandingkan standar Wi-Fi tercepat saat ini (802.11ac) yang mentok hanya di angka kurang lebih 7 Gbps.

Namun, dari segi kelebihan yang dimiliki, LiFi juga memiliki kelemahan dibanding Wi-Fi. Meski diterapkan melalui semacam base station yang ditempel di langit-langit ruangan, LiFi ini membutuhkan direct line of sight atau "pandangan" langsung ke perangkat tujuan yang dilengkapi receiver khusus, seperti koneksi infra red. Selain itu, perangkat tujuan juga tidak boleh dipindah-pindahkan. Tim peneliti saat ini sedang mengembangkan bagaimana cara untuk membuat sistem penjejak yang memungkinkan base station LiFi melacak posisi perangkat di dalam ruangan dan membuat sambungannya.

Karena masih belum sempurna, untuk sekarang ini LiFi masih belum bisa menggantikan posisi WiFi. Namun, dengan kecepatan yang sangat luar biasa tersebut para penciptanya berharap LiFi ini bisa digunakan untuk aplikasi lain yang bisa menyempurnakannya. Bukan tidak mungkin LiFi akan menggeser WiFi dengan mengingat kemajuan teknologi saat ini berkembang dengan sangat cepatnya.

Demikian sedikit ulasan dari kami belajartekhnik.com semoga bisa bermanfaat. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan atau dari kata yang kurang berkenan. Terima kasih telah berkunjung.
Tag : Informasi
3 Komentar untuk "LiFi, Jaringan Berbasis Cahaya Dengan Kecepatan 100 Gbps"

Cara buat li-fi gimana gan ? bisa buat atau beli tuh ?

Mantab,, sy ingin belajar gimana konsep membuatnya?

ini dia nih yg ane cari... emang bisa dibuat bang? boleh lah tutor nya.... :D

Back To Top