Jebolnya Sistem Pesawat


belajartekhnik.com - Dikabarkan seorang ahli keamanan komputer yang mengklaim dirinya berhasil meretas sistem komputer pesawat melalui sistem in-flight entertainment (IFE) yang mampu membuat pesawat terbang menyamping.

Mengetahui hal tersebut pakar keamanan mengatakan bahwa, sistem hiburan yang menyediakan film atau musik di dalam pesawat telah berhasil dibobol oleh sang hacker dan, dari situ sang hacker bisa masuk ke dalam sistem komputer pesawat yang lebih krusial.

Hacker tersebut menghubungkan laptopnya dengan sebuah Seat Electronic Box yang ada di bawah kursinya. Seat Electronic Box adalah komputer kecil yang mendistribusikan sistem hiburan ke kursi-kursi penumpang.

Dari situ, hacker berhasil masuk ke dalam sistem Thrust Management Computer dengan menggunakan ID dan password default. Thrust Management Computer adalah salah satu komputer yang mengatur daya dorong pesawat (thrust) yang dikeluarkan oleh mesin jet.

Dengan masuk ke dalam sistem daya dorong pesawat, hacker itu bisa memberikan perintah salah satu mesin untuk mengaktifkan mode "Climb" yang artinya mendaki, dengan begitu daya dorong yang dikeluarkan mesin jet tersebut akan besar sebelah. Dan pesawat akan terbang menyamping dari jalur yang seharusnya dilalui. 

Menurut dokumen yang telah dipublikasi oleh pihak Biro Investigasi Federal AS (FBI), hacker tersebut telah mampu meretas beberapa sistem pesawat diantaranya Boeing 737, 757, dan Airbus A320 sebanyak 15 hingga 20 kali.

Demikian sedikit ulasan mengenai hacker yang mungkin bisa menambah wawasan para pembaca, bahwa tidak ada satupun sistem yang tidak bisa dijebol. Apalagi dengan semakin canggihnya teknologi zaman sekarang yang semakin berkembang.
Tag : Informasi
0 Komentar untuk "Jebolnya Sistem Pesawat"

Back To Top