Pengertian Telematika dan Layanan Dalam Telematika

Salam untuk kalian semua, kali ini saya akan memberikan sedikit pengetahuan yang saya dapat saat kuliah disebuah perguran tinggi swasta didaerah Tangerang Selatan lebih tepatnya STT Telematika. Sebagai saran bagi anda yang mungkin baru akan masuk kedunia Informatika, ada baiknya anda harus mengetahui pembahasan yang saya buat ini. Langsung saja kepada topik pembahasan, dari pengetahuan yang saya dapat yang termasuk dalam telematika ini adalah layanan dial up ke Internet maupun semua jenis jaringan yang didasarkan pada sistem telekomunikasi untuk mengirimkan data. Internet sendiri merupakan salah satu contoh dari layanan telematika yang ada pada saat ini.

Di Indonesia sendiri, pengaturan dan pelaksanaan mengenai berbagai bidang usaha yang bergerak di dunia telematika itu diatur oleh Direktorat Jenderal Aplikasi Telematika. Direktorat Jenderal Aplikasi Telematika atau yang biasa disebut DitJen APTEL ini adalah unsur pelaksana tugas dan fungsi Departemen di bidang Aplikasi Telematika yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Jadi kesimpulan dari DitJen APTEL ini adalah sebuah departemen yang mengatur semua yang ada dalam dunia Telematika. Sebagai contoh, apabila anda merasa tersinggung dengan perkataan teman anda yang berada didunia maya anda bisa saja untuk memperkarakan masalah itu dengan melaporkan hal tersebut kepada DitJen APTEL dengan tuntutan Pencemaran nama baik. Berikut ini adalah fungsi dari DitJen APTEL :

  • Penyiapan perumusan kebijakan di bidang e-government, e-business, perangkat lunak dan konten, pemberdayaan telematika serta standardisasi dan audit aplikasi telematika.
  • Pelaksanaan kebijakan di bidang e-government, e-business, perangkat lunak dan konten, pemberdayaan telematika serta standardisasi dan audit aplikasi telematika.
  • Perumusan dan pelaksanaan kebijakan kelembagaan internasional di bidang e-government, e-business, perangkat lunak dan konten, pemberdayaan telematika serta standardisasi dan audit aplikasi telematika.
  • Penyusunan standar, norma, pedoman, kriteria, dan prosedur di bidang e-government, e-business, perangkat lunak dan konten, pemberdayaan telematika serta standardisasi dan audit aplikasi telematika.
  • Pembangunan, pengelolaan dan pengembangan infrastruktur dan manajemen aplikasi sistem informasi pemerintahan pusat dan daerah.
  • Pemberian bimbingan teknis dan evaluasi.
  • Pelaksanaan administrasi Direktorat Jenderal Aplikasi Telematika ( DitJen APTEL ).

Teknologi Informasi dan Komunikasi, pada saat ini tidak dapat dilepaskan dengan Telematika (cyberspace). Perkembangan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi saat ini, telah mempengaruhi banyak aspek dalam kehidupan di masyarakat saat ini, sebagai contoh perkembangannya, Teknologi Telematika saat ini telah menggunakan kecepatan dan jangkauan transmisi energi elektromagnetik, sehingga sejumlah besar informasi dapat ditransmisikan dengan jangkauan yang jauh, bahkan sampai seluruh dunia. Pada saat ini Informasi sudah banyak sekali berkembang, hanya saja harus adanya dukungan dari Teknologi. Teknologi Telematika yang telah berkembang sehingga mampu menyampaikan suatu informasi. Berikut ini adalah sebuah contoh layanan Telematika pada bidang Informasi : 
  • Warung Telepon
Warung Telepon ( Wartel ) adalah sarana telekomunikasi untuk masyarakat umum. Di dalam wartel terdapat kamar bicara ( KBU ) berisi pesawat telepon untuk digunakan pemakai jasa. Telepon di dalam kamar bicara umum bisa digunakan untuk pembicaraan telepon lokal, antar wilayah, interlokal ( SLJJ ), maupun sambungan langsung internasional. Biaya pemakaian jasa telekomunikasi dibayar langsung di tempat oleh konsumen sesuai tarif pulsa yang berlaku ditambah tarif pelayanan. pada saat ini wartel sudah sangat jarang dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini.
  • Warung Internet 
Warung Internet ( Watnet ) adalah contoh dari pengaruh internet bagi masyarakat, selain sebagai tempat mendapatkan informasii warnet juga dapat sebagai sarana komunikasi melalui internet. Warnet pun kini sudah banyak dan dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat manapun. 

  • E-Commerce
E-Commerce adalah kegiatan jual beli secara electronik melalui jaringan internet. Kegiatan e-commerce memudahkan masyarakat dalam memasang iklan, memasarkan barang jualannya, membeli barang dan melakukan pemesan serta memudahkan mendapatkatkan informasi tentang barang yang diinginkan. E-commerce dapat diakses secara luas diseluruh dunia, prosesnya pun mudah dan tidak tergantung pada ruang dan waktu, siapa saja dapat menggunakannya dimana saja dan kapan saja. Contoh: Lazada, Bhinneka, Berniaga, dsb.
  • Pemesanan dan Pembelian Tiket Online 
Pemesanan dan Pembelian Tiket Online adalah sebuah layanan Telematika yang saat ini memudahkan masyarakat untuk membeli atau memesan tiket tanpa perlu repot datang ke stasiun atau bandara untuk memesan atau membeli tiket kereta api ataupun pesawat terbang. Selain pemesanan dan pembelian tiket masyarakat pun juga dapat melihat jadwal kedatangan maupun keberangkatkan dari transportasi yang ingin digunakan. 
  • Global Positioning System (GPS)
Global Positioning System ( GPS ) adalah sebuah layanan Telematika yang berfungsi untuk melacak atau bisa juga untuk member arah alamat yang ingin anda tujukan. Saat ini GPS banyak digunakan pada kendaraan yang telah menanamkan tenologi GPS ini, Penggunaan GPS berfungsi untuk memudahkan dalam menujukan arah dan mencari tempat yang diinginkan atau bisa juga untuk melacak keberadaan kendaraan anda pada saat hilang.

Demikian sedikit ulasan mengenai Layanan Telematika pada kehidupan sehari – hari. Semoga postingan ini bisa bermanfaat dan juga bisa untuk menambah pengetahuan anda yang membaca. Terima kasih atas kunjungannya.
Tag : Informatika
0 Komentar untuk "Pengertian Telematika dan Layanan Dalam Telematika"

Back To Top